Tips & Trik untuk pembiayaan Rumah Idaman Anda.

Trik pembiayaan dalam pembelian dan pembiayaan pembangunan rumah   Sebagian besar pemilik rumah merasa bangga akan rumah mereka sendiri. Apakah Anda memimpikan ini dan ingin memanfaatkan  saat terjadi penurunan suku bunga bank untuk membangun atau membeli rumah idaman Anda? Pantau berita-berita terkait penurunan suku bunga bank baik di media massa ataupun di situs-situs internet yang menawarkan pinjaman bank dengan suku bunga menarik di setiap promonya. Tetapi suku bunga rendah tidak secara otomatis berarti bahwa setiap pembiayaan rumah idaman Anda  akan menjadi sangat murah. Pinjaman KPR Anda harus membentuk konsep keseluruhan yang koheren yang disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda. Namun, jika Anda mengikuti beberapa kiat & trik saat membangun ataupun kepemilikan Rumah Idaman, maka Anda tidak hanya memiliki peluang bagus untuk pembiayaan berbiaya rendah, tetapi Anda juga dapat menghemat biaya.

Berikut 11 tips untuk pinjaman dana KPR dan renovasi agar dapat dimanfaatkan secara optimal

Tips# 1: Menilai situasi keuangan awal Anda dengan cara yang realistis dan obyektif

Pinjaman KPR adalah komitmen jangka panjang. Semakin tinggi jumlah pinjaman, semakin lama pembayaran biasanya dilakukan. Oleh karena itu sangat penting bahwa Anda menganalisis secara hati-hati dan realistis situasi keuangan Anda sendiri serta pilihan Anda. Kalau tidak, Anda berisiko mengambil alih pinjaman atau membayarnya secara tidak perlu. Tanyakan pada diri sendiri:

  • Berapa banyak cadangan asset yang tersedia bagi Anda yang dapat Anda keluarkan di masa mendatang?
  • Berapa tarif bulanan maksimum, sehingga biaya tak terduga seperti memperbaiki mobil tidak akan menyebabkan masalah keuangan?
  • Dana tak terduga dalam waktu dekat, dapatkah saya mengharapkan memiliki modal gratis, misalnya dari polis asuransi jiwa, yang dapat digunakan untuk melunasi pinjaman saya?

Meskipun mungkin bagi beberapa penyedia jasa dengan yang aman dan bagus, untuk mendapatkan Kredit Tanpa Agunan, Anda harus berpikir dengan hati-hati mengenai varian ini (gunakanlah agen resmi dari bank resmi Nsional dibawah otorisasi OJK). Karena dalam banyak kasus, apa yang disebut pembiayaan penuh sulit ditangani. Selain itu, bank sering meminta bunga premi untuk mengkompensasi peningkatan risiko kredit bawaan mereka. Bagaimanapun, lebih masuk akal untuk menginvestasikan modal dalam pembiayaan sendiri. Sebab semakin banyak jaminan asset, semakin rendah pinjaman KPR Anda. Ini sering menghasilkan kondisi yang lebih baik. Para ahli merekomendasikan 20% hingga 30% dari nilai asset. Dengan tujuan bahwa minimum Anda  harus menanggung biaya tenaga kerja tambahan tersendiri.

Tips #2: Lihat dan perhatikan pasar properti

Permintaan untuk properti saat ini sangat tinggi. Tentu saja ini juga menaikkan harga. Untuk merasakan pasar, Anda tidak harus menahan diri untuk mengunjungi beberapa properti. Hanya dengan begitu Anda dapat menilai apakah harga pembelian yang telah Anda persiapkan sudah sesuai. Jika ada keraguan, ada baiknya berkonsultasi dengan ahli properti yang Anda kenal.

Tip #3: Bandingkan dan cari penawaran yang menarik

Jika Anda ingin menyelesaikan pinjaman atas jaminan, Anda memiliki banyak pilihan penawaran untuk dipilih. Yang bergun enemukan pinjaman yang tidak hanya nilai dengan suku bunga rendah, tetapi yang benar- benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Luangkanlah waktu untuk membandingkan dan menemukan kemungkinan bunga termurah, sehingga bisa menghemat dalam  hal apa pun, termasuk didalamnya penggunaan uang tunai. Terutama dengan jumlah pinjaman yang tinggi, akan juga bermanfaat bagi Anda, seperti ilustrasi berikut:  

Penawaran 1 Jumlah pinjaman : Rp. 250.000.000,00 Lama Peminjaman              : 25 tahun Angsuran Bulanan              : Rp 1.059.636,00 Prosentase Peningkatan Bunga Tetap/thn: 2% Sisa Pinjaman setelah 10 thn : Rp 164.665.349 ,00 Penawaran 1 Jumlah pinjaman : Rp. 250.000.000,00 Lama Peminjaman              : 10 tahun Angsuran Bulanan              : Rp 1.121.542,00 Prosentase Peningkatan Bunga Tetap/thn: 10,5% Sisa Pinjaman setelah 10 thn : Rp 168.200.358,00

Dengan penawaran 1, peminjam sudah menghemat Rp. 3.535.009,00, atau setara dengan 3 kali cicilan setelah melakukan cicilan selama 10 tahun Jadi, mencari pinjaman untuk sekedar mempertimbangkan setiap desimal prosentase bunga dalam mencari pembiayaan yang tepat. Hanya dengan sekedarmembandingkan beberapa penyedia jasa keuangan. Setelah itu, hal ni memungkinkan Anda untuk memperoleh penawaran pembiayaan yang menguntungkan diri Anda sendiri.

tip #4: Tentukan jenis pinjaman yang tepat

Pinjaman anuitas adalah pinjaman jangka panjang yang paling sering digunakan oleh penyedia jasa keuangan. Sangat disarankan Anda memiliki pengetahuan tentang bagaimana Anda menghitung pinjaman secara anuitas. Sebab metode perhitungan sangat menguntungkan nila pinjaman anda ditutup dalam jumlah yang masih besar/ sebelum periode berakhir, Sebab dengan Anda membayar seluruh durasi dengan tarif tinggi secara konsisten, makaAnda harus memastikan keamanan perencanaan keuangan yang sangat tinggi. Pinjaman berjangka adalah pinjaman yang diberikan oleh lembaga penyedia pinjaman keuangan kepada para nasabahnya untuk jangka waktu tertentu. Cara pembayarannya adalah dengan diangsur setiap bulan dengan jumlah pembayaran angsuran pokok dan bunga yang telah di tetapkan. Di mana Anda harus membayar angsuran pokok beserta bunganya. Untuk beberapa lembaga keuangan mungkin akan meminta agunan atau jaminan jika Anda mengajukan permohonan pinjaman ini. Jaminan tersebut antara lain BPKB kendaraan bermotor milik Anda atau sertifikat, namun bila sampai saat jatuh tempo Anda ingin memperpanjang masa pinjaman Anda masih belum bisa melakukan pelunasan, Anda bisa mengajukan perpanjangan, hanya dengan membayar bunga bulanan. sampai dengan pelunasan Anda.

Tip #5: Negosiasikan persyaratan Anda dengan bank

Tip yang banyak peminjam tidak pertimbangkan: Ketentuan yang ditawarkan kepada Anda tidak harus sepenuhnya harus dipenuhi. Bernegosiasilah dengan bank Anda. Ini sepenuhnya diizinkan dan mungkin berhasil membahas rincian pembiayaan dengan penasihat bank. Karena hampir setiap penyedia jasa keuangan memiliki kelonggaran dan dapat mengakomodasi peminjam, misalnya, suku bunga. Misalnya, Anda dapat meningkatkan kekuatan tawar-menawar Anda dengan berkonfrontasi dengan kreditor yang Anda pilih dengan tawaran kompetitor yang lebih murah.

Tip #6: mengajukan tingkat bunga jangka panjang sedang dalam fase suku bunga rendah

Terutama dalam suku bunga rendah, masuk akal penyedia untuk menyetujui suku bunga yang panjang. Dengan cara ini, Anda mengamankan suku bunga rendah dan dapat tetap santai pada saat jasa penyedia menaikkan suku bunganya. Periode bunga tetap yang panjang juga lebih memastikan keamanan perencanaan keuangan, terutama sampai dengan masa pelunasan. Meskipun banyak penyedia membebankan bunga premium jika mereka memberikan pinjaman dengan tingkat bunga tetap, misalnya, 25 tahun. Namun, jika kenaikan suku bunga diharapkan terjadi di masa depan, suku bunga jangka panjang sangat berharga.

Tip #7: Pilih Cicilan yang tinggi saat fase rendah suku bunga

Peminjam saat ini dapat menantikan suku bunga yang menguntungkan. Namun, jangan biarkan mereka menggoda Anda untuk menyetujui pembayaran cicilan yang sangat rendah, misalnya, membayarnya hanya 1%. Terutama dalam periode suku bunga rendah, Anda harus mengambil keuntungan dari suku bunga rendah dan membayar kembali sebanyak mungkin dari awal. Bagaimanapun, penting untuk bebas utang secepat mungkin.

Tip 8: Perhatikan pembayaran yang fleksibel

Terutama dengan bunga tetap per tahun, penting bagi Anda untuk tetap sefleksibel mungkin dan mampu menanggapi perubahan dalam situasi pribadi Anda. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa perjanjian pinjaman Anda menyediakan pembayaran khusus. Pembayaran khusus adalah pembayaran khusus luar biasa yang Anda bayar sebagai tambahan untuk cicilan bulanan Anda dan melunasi pinjaman Anda lebih cepat. Beberapa penyedia membebankan biaya-biaya lain tidak, tetapi membatasi jumlah pembayaran khusus untuk jumlah tahunan. Yang terbaik adalah memilih penyedia yang memberikan pembayaran khusus secara gratis dan tidak dibatasi. Mengapa itu penting? Selalu mungkin bahwa situasi keuangan Anda sendiri, misalnya, oleh perubahan pekerjaan Anda. Jika Anda menerima kenaikan gaji, Anda memiliki lebih banyak fleksibilitas dan dapat menyiapkan pembayaran tambahan.

Tip #9: Jangan lupa untuk memasukkan semua utilitas

Hal ini mungkin sering disepelekan dan sering dilupakan: Biaya tambahan untuk membangun dan membeli rumah. Karena hanyapeduli dengan nilai konstruksi atau harga beli, sayangnya kalau tidak diperhatikan. Akhirnya, hal  seperti pajak bumi dan bangunan, biaya notaris, biayabalik nama, izin mendirikan bangunan atau komisi broker akan yang sebenarnya harus dianggarkan sekalian. Oleh karena itu, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan kurang lebih 10% dari harga pembelian dan mempertimbangkannya dalam perencanaan anggaran pinjaman Anda.

Tip 10: Perhatikan biaya tak terduga dan hindari pembangunan yang berlebihan dari yang telah direncanakan

Ada beberapa pembiayaan yang kadang dianggap sepele lupa ketika merencanakan pembiayaan rumah. Contohnya adalah menuruti kemauan. Biaya ini akansangat berpengaruh jika Anda membangun rumah Anda sendiri atau merenovasi properti Anda sendiri. Alasannya: Rumah- rumah saya yang membangun atau merenovasi hunian juga sendiri, hal ini biasanya berbeda saat membeli rumah biasanya tidak segera menggunakan seluruh pinjamanannya – kadang ada yang sengaja memarkir saldo sementara di bank untuk dana cadanganm atau baru akan dipergunakan, apabila rumah yang dibeli memerlukan beberapa tambahan yang memang belum tersedia. Bagaimana menghindari biaya tambahan semacam ini? Di satu sisi, benar- benar perhitungkan ketersedian anggaran Anda. Di sisi lain, Anda harus merencanakan proyek konstruksi Anda sendiri secara realistis dan juga melanjutkan renovasi  dengan hati-hati serta berusaha mencari mitra konstruksi yang tepat dan dapat dipercaya.

Tip #11: Pilih penyedia jasa peminjaman yang tepat untuk pembiayaan lanjutan Anda

Jumlah pinjaman untuk pinjaman KPR umumnya sangat tinggi, yang berarti bahwa sangat sedikit peminjam yang akan melunasi seluruh pinjaman mereka selama putaran pertama pembiayaan. Hampir setiap kali hutang mendekati akhir, Anda mulai memikirkan pembiayaan yang lainnya untuk penambahan dll. biasanya, penyedia jasa peminjaman akan memberikan penawaran pinjaman lagi menjelang habis tempo pada waktunya, dengan memberikan kemudahan proses peminjaman . Tetapi Anda tidak harus menerimanya. Sebaliknya, ambil peluang dan cari pembanding dari pemberi pinjaman lain. Perbandingan kondisi penyedia jasa peminjaman yang berbeda dapat membantu Anda menurunkan suku bunga dan kondisi kerangka kerja sa yang lebih baik

(Artikel ini berdasar referensi dari beberapa sumber)

Anda mempunyai kartu Kredit?

Anda membutuhkan Dana Cepat Tanpa Agunan namun aman dan dijamin oleh OJK?

Percayakan pada kami sekarang!

Kredit Tanpa Agunan Rajasales.com

 

 


Leave a Reply