Cara Termudah Membuat NPWP Pribadi

Cara membuat NPWP pribadi Online.| Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak (WP) sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. (– wikipedia)

NPWP termasuk kartu yang wajib tersimpan di dompet semua warga Indonesia. Entah itu bagi perorangan maupun bagi yang sudah berbadan usaha. NPWP ini dijadikan sebagai sarana administrasi perpajakan atau acuan untuk membayar pajak, juga menjadi persyaratan untuk mengurus dan menikmati beberapa pelayanan publik, seperti pengajuan kredit, pelengkap untuk mengurus bpjs, pembuatan paspor, ngurus KTA seperti KTA Bank DBS misalnya, dan lain-lain.

Di samping syarat untuk keperluan pelayanan publik. Ternyata, ada sangsi bagi siapa yang sudah terpenuhi syarat (PTKP) untuk wajib pajak tapi sengaja tidak mendaftarkan diri untuk diberikan NPWP. Dalam hal ini akan dipandang sebagai warga yang menimbulkan kerugian pada pendapatan Negara, yaitu Negara tidak mendapatkan penerimaan dari pajak yang seharusnya dibayarkan oleh wajib pajak, maka terhadap wajib pajak akan dipidana dengan pidana penjara paling singkat 6 (enam) bulan dan paling lama 6 (enam) tahun (pasal 39 ayat (1) UU KUP).
Sumber: http://www.pajak.go.id/content/article/pidana-pajak-bagi-yang-belum-ber-npwp

Bagaimana? Anda sanggup ke penjara min.6 Bulan atau mengurus NPWP 1 hari saja?

Tentu bagi yang mencintai Negara ini, apalagi yang selalu berteriak “NKRI Harga Mati!!!” akan memilih opsi kedua, yakni mengurus NPWP dalam sehari saja. Untuk kali ini RajaSales.com akan membahas cara termudah membuat NPWP Pribadi Online.

  • Syarat Membuat NPWP Pribadi

Syarat membuat NPWP Pribadi ini berlaku di semua Kota, baik Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung , Surabaya maupun Kota lainnya. Tidak ada pembeda, dalam tata cara membuat NPWP Pribadi. Ketika Anda mempunyai penghasilan dalam satu tahun yang melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Berarti Anda sudah termasuk Wajib Pajak. Sekalipun Anda yang belum atau sudah berkeluarga. Baik yang sudah bekerja atau belum Bekerja. Teruntuk wanita yang telah menikah tapi tidak melakukan perjanjian pisah harta dan pisah penghasilan dengan suaminya,maka ia  tidak wajib memiliki NPWP.

Jika batas maksimal PTKP untuk perseorangan di Indonesia sebesar Rp.54.000.000 per tahun atau Rp.4.500.000,- per bulan. Maka, Anda yang berpenghasilan melebihi batas maksimal PTKP tersebut, telah memenuhi syarat sebagai Wajib Pajak dan dengan begitu wajib memiliki NPWP.

  • Dokumen Untuk membuat NPWP Pribadi

Untuk dokumen/berkas yang wajib dipersiapkan, dibagi menjadi 3 kategori, di antaranya:

Wajib Pajak (WP) Pribadi yang TIDAK menjalankan usaha atau pekerjaan bebas

  • Fotokopi KTP (Warga Negara Indonesia/WNI)
  • Fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP)
  • (Warga Negara Asing/WNA).

Wajib Pajak (WP) Pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas

  • Fotokopi KTP (Warga Negara Indonesia/WNI).
  • Fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP)
  • (Warga Negara Asing/WNA).
  • Fotokopi dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan instansi berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari Pejabat Pemerintah Daerah (Pemda) minimal setingkat Lurah atau Kepala Desa atau lembar tagihan listrik/bukti pembayaran listrik.
  • Surat pernyataan di atas materai bahwa WP benar-benar menjalankan usaha atau pekerjaan bebas.

Wajib Pajak (WP) Pribadi wanita kawin yang ingin hak dan kewajiban perpajakannya terpisah

Siapkan Fotokopi :

  • Kartu NPWP suami.
  • Kartu Keluarga,
  • dan Surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau surat pernyataan menghendaki hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami.
  • 2 Langkah Membuat NPWP Pribadi

Kemudian langkah untuk mendaftar/ cara membuat NPWP pribadi Online sebenarnya tidak ada sulitnya, bahkan kini benar-benar dimudahkan. Direktorat Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) menyediakan dua cara, yakni secara online dan secara offline. Anda bisa memilih salah satunya saja.

Cara membuat NPWP pribadi Online

Langkah membuat NPWP Pribadi Online yang mulai ramai dikunjungi di tahun 2017 menjelang 2018 ini disebut e-Registration (E-REG DJP). Berikut urutannya :

  • Kunjungi www.pajak.go.id atau klik ereg.pajak.go.id/login. cara membuat npwp pribadi online
    Klik “daftar”. Isilah data pendaftaran pengguna dengan benar seperti nama, alamat email,password, dsb.cara membuat npwp pribadi online
  • Lakukan Aktivasi Email, dengan membuka inbox email yang Anda gunakan untuk mendaftar. Lalu klik tulisan “link Verifikasi” yang biasanya berwarna biru.cara membuat npwp pribadi
  • Kemudian mengisi Formulir Pendaftaran yang tersedia. Pada langkah ini, Anda diminta untuk memasukan data singkat saja, syarat untuk mendapatkan akses link formulir ke dua yang akan dikirimkan lagi ke email (yang pertama tadi link aktiviasi email). Link Formulir ini adalah akses Log In menuju formulir yang lebih lengkap dan detail.cara membuat npwp
  • Silakan isi semua data dengan benar pada formulir yang tersedia hingga selesai (8 langkah). Pastikan tidak ada yang salah ketik hingga padakhirnya ada tombol Daftar untuk mengirim data-sata tersebut, Cetak (Print)
  • Setelah Formulir Registrasi dicetak dan ditandatangani,  satukanlah dengan berkas kelengkapan yang lain yang telah Anda siapkan.
  • Kemudian Kirimkan Formulir Registrasi Wajib Pajak ke KPP beserta Surat Keterangan Terdaftar Sementara yang telah diprint dan sudah ditandatangani ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat Anda. Anda juga bisa mengirimkannya melalui Pos Tercatat, tapi paling tidak 14 hari setelah formulir terkirim secara elektronik berkas sudah masuk di KPP.
  • Anda Juga bisa dengan memindai saja (scan) dokumen, lalu unggah melalui aplikasi e-Registration.

Sampai tahap ini Anda telah berhasil dalam memenuhi cara membuat NPWP Pribadi Online Anda secara online. Yang Anda lakukan selanjutnya hanya menunggu Kartu NPWP Anda dikirim ke alamat Anda. Sementara menuggu datangnya Kartu NPWP, Sebaiknya Anda sering buka email sekedar untuk mengecek Status pendaftaran NPWP Anda. Anda bisa juga log in di web pajak untuk melihat history pendaftaran dalam aplikasi e-Registration. Jika ternyata statusnya ditolak, maka Anda harus segera mengecek dan memperbaiki data yang mungkin kurang lengka, dan kemudian kirim kembali (hal ini jarang terjadi apabila datanya benar-benar valid).

Kebanyakan statusnya disetujui, dan kartu NPWP segera dikirim ke alamat Anda melalui Pos Tercatat. Bila Kartu tidak juga sampai dalam waktu yang lama, sepertinya Anda perlu berkunjung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Pendaftaran NPWP secara offline

Cara membuat NPWP pribadi di Kantor Pajak. | Langkah ini adalah cara membuat NPWP Pribadi secara Manual. Yakni, dengan mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Dokumen yang harus dibawa tidak jauh beda dengan data yang Anda input saat pendaftaran online. Hanya saja untuk Anda yang berdomisili di tempat yang berbeda dengan yang tertera di KTP, Anda perlu mempersiapkan data tambahan yakni surat keterangan tempat tinggal dari kelurahan tempat Anda berdomisili saat ini.

Ketika sampai di KPP, hal yang pertama Anda lakukan adalah mengambil Formulir dimana Anda akan menulis data Anda untuk mendaftar kepada petugas pendaftaran di KPP. Ketika formulir sudah tersisi, silahkan gabung dengan berkas-berkas foto copy yang lain yang sebelumnya Anda persiapkan.

Lalu, serahkan berkas tersebut ke petugas pendaftaran. Petugas akan memberikan tanda terima pendaftaran Wajib Pajak  sebagai bukti bahwa Anda telah melakukan pendaftaran untuk mendapatkan NPWP. Bila dibandingkan dengan pendaftaran online, pendaftaran offline sangatlah cepat, tidak lebih dari sehari dan semuanya gratis. Anda kemudian hanya menuggu Kartu NPWP dikirim ke alamat Anda.

Di Kantor KPP ini Anda juga bisa mendapatkan info tata cara membuat NPWP Pribadi yang hilang.

Bila ada info yang mengatakan bahwa mengurus NPWP harus bayar, itu adalah info yang tidak benar. Untuk biaya pengiriman Kartu NPWP ke alamat Anda melalui Pos udah ditanggung oleh Pemerintah. [Catet!! :p ]

————-

Cara membuat NPWP pibadi Online Bagi yang Rumahnya jauh dari KPP

Agar terpenuhi Program penyuluhan tentang cara membuat NPWP pribadi Online bagi semua Semua Masyarakat. Pemerintah telah mengantisipasi kondisi ini dengan membuka akses agar tercapai cara termudah membuat NPWP Pribadi bagi yang tempat tinggalnya jauh dari lokasi KPP. Atau bagi Anda yang saat ini terkendala koneksi Internet. Anda tinggal mendatangi kantor pos atau jasa ekspedisi terdekat. Di sana biasanya tersedia formulir pendaftaran Waji Pajak dan sekaligus mengirimkannya dengan menyertakan dokumen lainnya seperti fotocopy KK, KTP, Surat domisili dsb.

Dengan adanya info tentang Cara membuat NPWP pribadi Online dan Offline, setidaknya tidak ada lagi alasan untuk tidak membuat NPWP. Karena dibalik kepemilikan NPWP terdapat manfaat dalam mengakses layanan Publik. Contoh sederhananya saja, ketika Anda mengajukan Kredit  Smartphone, atau Motor dsb. Tidak jarang syaratnya adalah menyertakan Fotocopy Kartu NPWP. Bahkan Sampai membuat Kartu Kredit dan mengajukan pinjaman tanpa jaminan, KTA bank DBS minsalnya.

 

 


Leave a Reply